Draft Standar Pelayanan Surat Keterangan Beasiswa

Lampiran   Keputusan Rektor IAIN Lhokseumawe

Nomor             :

Tanggal           :

Uraian             : Standar Pelayanan Surat Keterangan Beasiswa

 

  1. Proses Penyampaian Pelayanan (Service Delivery)
No Komponen                                            Uraian
1 Persyaratan Pelayanan  

Terdaftar sebagai Mahasiswa di IAIN Lhokseumawe

 

2 Sistem, Mekanisme dan Prosedur 1.    Mahasiswa mengajukan permohonan surat keterangan ke Bagian         Tata Usaha melalui petugas/Web.

2.    Petugas menerima dan memverifikasi permohonan surat dan                  mengetik surat sesuai dengan permohonan.

3.    Petugas menyerahkan kepada Kasubbag Akademik dan Kabag             TU   untuk proses validasi dan paraf.

4.    Petugas menyerahkan kepada Wakil Dekan I untuk proses tanda          tangan.

5.    Setelah ditanda tangani petugas memberikan nomor agenda surat          keluar dan stempel untuk diserahkan kepada mahasiswa

6.    Mahasiswa menerima surat yang telah disahkan.

3 Jangka Waktu Penyelesaian Proses Penyelesaian maksimal 3  hari
4 Biaya/Tarif Tidak dipungut biaya
5 Produk Pelayanan Surat Keterangan Tidak Menerima Beasiswa dan Bantuan Pendidikan  Mahasiswa
6 Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan 1.    Pengaduan, saran dan masukan dapat disampaikan secara tertulis         melalui surat yang ditujukan kepada Rektor. Dengan alamat                   IAIN  Lhokseumawe Jl. Medan-B.Aceh Alue Awe Lhokseumawe-         Aceh

2.    Menyampaikan pengaduan, saran dan masukan langsung via                 kotak saran, atau Web.

 

 

  1. Proses Pengelolaan Pelayanan di Internal Organisasi (Manufacturing)
No Komponen                                                      Uraian
1 Dasar Hukum 1.    Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem                       Pendidikan Nasional.

2.    Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan               Tinggi,

3.    Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang                           Pengelolaan Perguruan Tinggi.

4.    Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2016 tentang IAIN                     Lhokseumawae.

5.    Peraturan Menteri Agama Nomor 46 Tahun 2016 tentang                   Organisasi dan Tata Kerja IAIN Lhokseumawe

6.    Peraturan Menteri Agama Nomor 109 Tahun 2017 tentang                 Standar Layanan.

2 Sarana, prasarana dan atau fasilitas

 

1.    Komputer

2.    Printer

3.    Kertas

4.    Buku Agenda Surat

5.    Stempel

6.    Pulpen

7.    Tinta

8.    Rak File

9.    Jaringan Internet

3 Kompetensi Pelaksana

 

1.    SDM yang memiliki pengetahuan tentang peraturan dan tata               cara beasiswa.

2.    SDM memiliki sikap santun, jujur, cerdas, teliti, sabar, ramah              dan integritas yang tinggi.

4 Pengawasan Internal

 

1.    Pengawasan yang dilakukan oleh atasan langsung secara                       berjenjang.

2.    Pengawasan yang dilakukan secara berkala oleh  Satuan                       Pengawas Internal.

5 Jumlah Pelaksana Minimal 4 Orang
6 Jaminan Pelayanan Pelayanan diberikan sesuai dengan standar pelayanan yang ditetapkan
7 Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan  

Surat dijamin keabsahannya

8 Evaluasi Kinerja Pelaksanaan

 

Evaluasi penerapan standar pelayanan dilakukan 2 kali dalam 1 tahun. Selanjutnya dilakukan tindakan perbaikan untuk menjaga dan meningkatkan kinerja pelayanan.

 

 

Lhokseumawe,     April 2020

Rektor,

 

 

                                                                                                                                       Dr. H. Hafifuddin, M. Ag