Draft Standar Pelayanan Aktif Kuliah Kembali

Lampiran   Keputusan Rektor IAIN Lhokseumawe

Nomor             :

Tanggal           :

Uraian             : Standar Pelayanan Aktif Kuliah Kembali

  1. Proses Penyampaian Pelayanan (Service Delivery)
No Komponen                                            Uraian
1 Persyaratan Pelayanan 1.    Aktif kuliah kembali diajukan secara tertulis kepada Dekan                   dengan jadwal ditetapkan dalam kalender akademik dengan                   melampirkan izin Pembimbing Akademik. Jika permohonan yang         diajukan mahasiswa sudah lewat waktu dari jadwal yang                         ditentukan tidak akan diproses.

2.    Mahasiswa yang diperbolehkan Aktif Kuliah Kembali yang tidak           dalam proses evaluasi semester atau yang terancam putus                     studi/Drop Out (DO).

2 Sistem, Mekanisme dan Prosedur 1.    Aktif Kuliah Kembali diajukan oleh mahasiswa secara tertulis                 kepada Dekan.

2.    Dekan menerima permohonan dan meneruskan kepada Kabag             Tata Usaha.

3.    Kabag Tata Usaha menerima permohonan dan meneruskan ke             Subbag akademik.

4.    Kasubbag akademik menerima dan meneliti data-data                           mahasiswa  dan jika memenuhi persyaratan akademik, maka                 permohonan diproses dan Izin Aktif Kuliah Kembali Mahasiswa             diterbitkan dan diaktifkan dalam portal akademik.

5.    Kabag Tata Usaha mengeluarkan izin Aktif Kuliah Kembali.

6.    Kasubbag Akademik mendistribusikan Izin Aktif Kuliah Kembali         kepada yang bersangkutan dan Jurusan.

7.    Jika permohonan tidak memenuhi persyaratan akademik, maka           permohonan Aktif Kuliah Kembali ditolak.

8.    Izin Aktif Kuliah Kembali yang telah didistribusikan disimpan               dalam arsip Fakultas.

 

3 Jangka Waktu Penyelesaian Proses Penyelesaian surat cuti kuliah selama 3 hari
4 Biaya/Tarif Tidak dipungut biaya
5 Produk Pelayanan Pelayanan Aktif Kuliah Kembali
6 Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan 1.    Pengaduan, saran dan masukan dapat disampaikan secara                     tertulis  melalui surat yang ditujukan kepada Dekan. Dengan                 alamat Fakultas IAIN Lhokseumawe Jl. Medan-B.Aceh Alue Awe         Lhokseumawe-Aceh

2.    Menyampaikan pengaduan, saran dan masukan langsung via                 kotak saran, atau Web.

 

  1. Proses Pengelolaan Pelayanan di Internal Organisasi (Manufacturing)
No Komponen                                             Uraian
1 Dasar Hukum 1.    Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem                       Pendidikan Nasional.

2.    Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan                 Tinggi.

3.    Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang                             Penyelenggaraan dan Pengelolaan Perguruan Tinggi

4.    Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2016 tentang IAIN                       Lhokseumawae.

5.    Peraturan Menteri Agama Nomor 46 Tahun 2016 tentang                     Organisasi dan Tata Kerja IAIN Lhokseumawe

6.    Peraturan Menteri Agama Nomor 109 Tahun 2017 tentang                   Standar Layanan

 

2 Sarana, prasarana dan atau fasilitas

 

1.    Komputer

2.    Printer

3.    Kertas

4.    Tinta

5.    Jaringan Internet

3 Kompetensi Pelaksana

 

1.    SDM yang memiliki pengetahuan tentang peraturan dan                       kebijakan di bidang akademik.

2.    SDM yang memiliki ketelitian, kesabaran, kecakapan dan                     integritas yang tinggi.

4 Pengawasan Internal

 

1.    Pengawasan internal dilakukan melalui sepervisi langsung secara         berjenjang mulai Dekan, Wadek I, Ketua Jurusan, Kabag TU dan         Kasubbag Akademik.

2.    Pengawasan dilakukan oleh Satuan Pengawas Internal.

5 Jumlah Pelaksana 4 Orang
6 Jaminan Pelayanan Pelayanan diberikan sesuai dengan standar pelayanan yang ditetapkan
7 Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan  

Kampus memberikan fasilitas kemudahan proses administrasi di tingkat Fakultas.

 

8 Evaluasi Kinerja Pelaksanaan

 

Evaluasi penerapan standar pelayanan dilakukan dalam dua kali dalam 1 tahun. Selanjutnya dilakukan tindakan perbaikan untuk menjaga dan meningkatkan kinerja pelayanan.

 

 

Lhokseumawe,     April 2020

Rektor,

 

Dr. H. Hafifuddin, M. Ag