Hasna Tuddar Putri, M.Si Dosen Fakultas Syariah Sebagai Narasumber Diskusi Online Kajian Etnoastronomi

Lhokseumawe, Senin (18/05) Hasna Tuddar Putri, M.Si baru saja bertindakĀ  sebagai narasumber kajian Etnoastronomi pada Diskusi online kerjasama Observatorium Ilmu Falak (OIF) Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara (UMSU) dengan Prodi Astronomi Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe.

Kajian Etnoastronomi dalam Penentuan Awal Bulan Hijrah merupakan topik yang diangkat dalam diskusi online kali ini yang dimoderatori oleh Wika Maisari, S.Ak dari Tim Planetarium Observatorium Ilmu Falak UMSU.
Indonesia merupakan negara yang begitu kaya akan tradisi, adat istiadat dan kultur yang begitu kompleks. Pada dasarnya Bangsa Indonesia lebih dahulu mengenal sistem penanggalan tradisional lokal yang disebut dengan sistem penanggalan Saka Nusantara.

Nenek moyang Bangsa Indonesia suka mengamati gerak matahari, bulan dan rasi bintang kemudian membentuk siklus penanggalan. Siklus tersebut digunakan sebagai alat navigasi dan juga untuk menentukan masa panen.

Kegiatan diskusi online ini mendapat apresiasi yang begitu baik dari Rektor beserta jajarannya maupun Dekan Fakultas Syariah maupun sivitas akademikanya.(al)