Draft Standar Pelayanan Pengisian KRS

Lampiran   Keputusan Rektor IAIN Lhokseumawe

Nomor             :

Tanggal           :

Uraian             : Standar Pelayanan Pengisian KRS

 

  1. Proses Penyampaian Pelayanan (Service Delivery)
No Komponen                                                      Uraian
1 Persyaratan Pelayanan 1.    Telah membayar biaya UKT
2 Sistem, Mekanisme dan Prosedur 1.     Mengisi KRS melalui IAIN Lhokseumawe.siakad cloud

2.     Dalam menentukan matakuliah mahasiswa disarankan                           berkonsultasi dengan Dosen Pembimbing Akademik

3.     Jumlah SKS yang boleh diambil maksimal 24 SKS/semester,                 kecuali tahun pertama perkuliahan (paket sks).

4.     Perubahan matakuliah yang diambil, hanya untuk matakuliah            pilihan yang batal dilaksanakan

5.     Proses pengurusan KRS dilakukan pada jadwal yang telah                    ditentukan sesuai dengan kalender akademik

6.     Mahasiswa yang tidak menyelesaikan proses pengurusan KRS            pada jadwal yang telah ditentukan, dinyatakan sebagai                          mahasiswa yang tidak aktif

7.     Mahasiswa yang tidak menyelesaikan proses pengurusan KRS            pada jadwal yang telah ditentukan, disarankan untuk mengurus          surat cuti kuliah

8.     Mahasiswa yang tidak melakukan proses keaktifan selama tiga            semester berturut-turut, maka sesuai dengan buku panduan              akademik dikeluarkan dari mahasiswa IAIN.

3 Jangka Waktu Penyelesaian Proses Penyelesaian maksimal 7  hari
4 Biaya/Tarif Tidak dipungut biaya
5 Produk Pelayanan  

Pengisian KRS

6 Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan 1.    Pengaduan, saran dan masukan dapat disampaikan secara                   tertulis melalui surat yang ditujukan kepada Rektor. Dengan               alamat  IAIN Lhokseumawe Jl. Medan-B.Aceh Alue Awe                     Lhokseumawe-Aceh

2.    Menyampaikan pengaduan, saran dan masukan langsung via               kotak saran, atau Web.

 

 

  1. Proses Pengelolaan Pelayanan di Internal Organisasi (Manufacturing)
No Komponen                                                    Uraian
1 Dasar Hukum 1.    Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem                        Pendidikan Nasional.

2.    Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan               Tinggi,

3.    Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang                           Pengelolaan Perguruan Tinggi.

4.    Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2016 tentang IAIN                     Lhokseumawae.

5.    Peraturan Menteri Agama Nomor 46 Tahun 2016 tentang                   Organisasi dan Tata Kerja IAIN Lhokseumawe

6.    Peraturan Menteri Agama Nomor 109 Tahun 2017 tentang                 Standar Layanan.

2 Sarana, prasarana dan atau fasilitas 1.    Komputer

2.    Jaringan Internet

3 Kompetensi Pelaksana

 

1.    SDM yang memiliki pengetahuan tentang peraturan akademik.

2.    SDM memiliki sikap santun, jujur, cerdas, teliti, sabar, ramah             dan integritas yang tinggi.

4 Pengawasan Internal

 

1.    Pengawasan yang dilakukan oleh atasan langsung secara                       berjenjang.

2.    Pengawasan yang dilakukan secara berkala oleh  Satuan                       Pengawas Internal.

5 Jumlah Pelaksana Minimal 2 Orang
6 Jaminan Pelayanan Pelayanan diberikan sesuai dengan standar pelayanan yang ditetapkan
7 Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan  

KRS

8 Evaluasi Kinerja Pelaksanaan

 

Evaluasi pengajuan dilaksanakan setiap semester dengan melibatkan unit terkait yaitu Wakil Dekan I, Kabag Tata Usaha dan Ketua Jurusan.

 

 

Lhokseumawe,     April 2020

Rektor,

 

 

                                                                                                                                                Dr. H. Hafifuddin, M. Ag