Draft Standar Pelayanan Pengaduan

Lampiran   Keputusan Rektor IAIN Lhokseumawe

Nomor             :

Tanggal           :

Uraian             : Standar Pelayanan Pengaduan

 

  1. Proses Penyampaian Pelayanan (Service Delivery)
No Komponen                                             Uraian
1 Persyaratan Pelayanan 1.    Memiliki KTP yang masih berlaku bagi perorangan atau                         masyarakat umum.

2.    Bagi lembaga, organisasi dan perusahaan menyertakan KTP dan         Akte Pendidirian serta surat kuasa dari lembaga yang                           bermaterai.

3.    Bukti kejadian meliputi: lokasi, waktu, dokumen pendukung dan         kronologis.

4.    Pemohon merasakan kerugian secara langsung atas hal yang               diadukannya.

5.    Aduan disampaikan dengan itikad baik untuk mencari                           penyelesaiannya.

2 Sistem, Mekanisme dan Prosedur 1.     Mengisi/menyampaikan aduan melalui sarana yang tersedia.

2.     Pencatatan aduan pada form Catatan Aduan.

3.     Pencatatan aduan pada Buku Register Aduan

4.     Tindak lanjut atas aduan yang masuk.

5.     Penyampaian/pemberitahuan hasil tindak lanjut kepada                        pemohon aduan.

6.     Dokumentasi hasil tindak lanjut sebagai laporan.

3 Jangka Waktu Penyelesaian Proses Penyelesaian maksimal 7  hari
4 Biaya/Tarif Tidak dipungut biaya
5 Produk Pelayanan Layanan Pengaduan
6 Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan 1.    Pengaduan, saran dan masukan dapat disampaikan secara                     tertulis melalui surat yang ditujukan kepada Dekan. Dengan                 alamat Fakultas IAIN Lhokseumawe Jl. Medan-B.Aceh Alue                 Awe Lhokseumawe-Aceh

2.    Menyampaikan pengaduan, saran dan masukan langsung via               kotak saran, atau Web.

 

  1. Proses Pengelolaan Pelayanan di Internal Organisasi (Manufacturing)
No Komponen                                                  Uraian
1 Dasar Hukum 1.    Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan             Informasi Publik.

2.    Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan                  Publik

3.    Peraturan Menteri Agama Nomor 95 Tahun 2014 tentang                   Pengelolaan Pengaduan Masyarakat.

4.    Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2016 tentang IAIN                     Lhokseumawae.

5.    Peraturan Menteri Agama Nomor 46 Tahun 2016 tentang                   Organisasi dan Tata Kerja IAIN Lhokseumawe

6.    Peraturan Menteri Agama Nomor 109 Tahun 2017 tentang                 Standar Layanan.

2 Sarana, prasarana dan atau fasilitas

 

1.    Formulir catatan aduan.

2.    Alamat Website dan email pengaduan

3.    Nomor telpon/fax pengaduan

4.    Kotak aduan

5.    Meja layanan informasi dan pengaduan

6.    ATK dan peralatan kantor.

7.    Jaringan Internet

3 Kompetensi Pelaksana

 

Petugas telah dilatih untuk melaksanakan pelayanan prima.
4 Pengawasan Internal

 

1.    Pengawasan yang dilakukan oleh atasan langsung pada setiap             jenjang/lini sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

2.    Pengawasan oleh TIM Teknis.

3.    Pengawasan yang dilakukan secara berkala oleh  Satuan                       Pengawas Internal.

5 Jumlah Pelaksana 4 Orang
6 Jaminan Pelayanan Pelayanan diberikan sesuai dengan standar pelayanan yang ditetapkan
7 Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan  

1.    Pengawasan lingkungan dengan CCTV

2.    Sistem pengamanan jaringan komputer.

 

8 Evaluasi Kinerja Pelaksanaan

 

1.    Prevalensi jumlah aduan

2.    Laporan bulanan pelaksanaan pelayanan

3.    Laporan bulanan pencapaian sasaran mutu

 

 

Lhokseumawe,     April 2020

Rektor,

 

Dr. H. Hafifuddin, M. Ag