Draft Standar Pelayanan Cuti Kuliah

Lampiran   Keputusan Rektor IAIN Lhokseumawe

Nomor             :

Tanggal           :

Uraian             : Standar Pelayanan Cuti Kuliah

 

  1. Proses Penyampaian Pelayanan (Service Delivery)
No Komponen                                                  Uraian
1 Persyaratan Pelayanan 1.    Terdaftar sebagai mahasiswa di IAIN Lhokseumawe minimal                  semester 2

2.    Surat pernyataan alasan cuti kuliah diketahui oleh Dosen                        Pembimbing Akademik

3.    Foto copy slip SPP semester sebelumnya

4.    Foto copy KTM

2 Sistem, Mekanisme dan Prosedur 1.    Mahasiswa mengajukan Surat Permohonan Cuti Kuliah ke                     Fakultas melalui petugas/web

2.    Petugas melakukan verifikasi data dan mengetik Surat                           Keterangan Cuti Kuliah

3.    Kasubbag Akademik memvalidasi surat surat permohonan cuti             kuliah mahasiswa dan memaraf

4.    Kabag Tata Usaha memaraf Surat Keterangan Cuti Kuliah

5.    Wakil Dekan I menandatangani Surat Keterangan Cuti Kuliah

6.    Setelah ditanda tangani, petugas memberikan nomor agenda                 surat keluar dan stempel untuk diserahkan kepada mahasiswa.

7.    Mahasiswa menerima Surat Keterangan Cuti Kuliah yang telah             disahkan

3 Jangka Waktu Penyelesaian Proses Penyelesaian surat cuti kuliah selama 3 hari
4 Biaya/Tarif Tidak dipungut biaya
5 Produk Pelayanan Status cuti mahasiswa
6 Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan 1.    Pengaduan, saran dan masukan dapat disampaikan secara                     tertulis  melalui surat yang ditujukan kepada Rektor. Dengan                 alamat IAIN Lhokseumawe Jl. Medan-B.Aceh Alue Awe                         Lhokseumawe-Aceh

2.    Menyampaikan pengaduan, saran dan masukan langsung via                 kotak saran, atau Web.

 

  1. Proses Pengelolaan Pelayanan di Internal Organisasi (Manufacturing)
No Komponen Uraian
1 Dasar Hukum 1.    Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem                         Pendidikan Nasional.

2.    Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan                  Tinggi.

3.    Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang                             Penyelenggaraan dan Pengelolaan Perguruan Tinggi

4.    Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2016 tentang IAIN                       Lhokseumawae.

5.    Peraturan Menteri Agama Nomor 46 Tahun 2016 tentang                     Organisasi dan Tata Kerja IAIN Lhokseumawe

6.    Peraturan Menteri Agama Nomor 109 Tahun 2017 tentang                   Standar Layanan

 

2 Sarana, prasarana dan atau fasilitas

 

1.    Komputer

2.    Printer

3.    Kertas

4.    Tinta

3 Kompetensi Pelaksana

 

1.    SDM yang memiliki pengetahuan tentang peraturan dan                         kebijakan di bidang akademik.

2.    SDM yang memiliki ketelitian, kesabaran, kecakapan dan                       integritas yang tinggi.

4 Pengawasan Internal

 

1.    Pengawasan internal dilakukan melalui sepervisi langsung secara         berjenjang mulai Dekan, Wadek I, Ketua Jurusan, Kabag TU dan         Kasubbag Akademik.

2.    Pengawasan dilakukan oleh Satuan Pengawas Internal.

5 Jumlah Pelaksana Minimal 4 Orang
6 Jaminan Pelayanan Penanganan permohonan Surat Keterangan Cuti Kuliah mahasiswa dilakukan secara cermat, transparan, tepat waktu dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan standar yang ditetapkan.
7 Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan  

Surat dijamin keabsahannya.

 

8 Evaluasi Kinerja Pelaksanaan

 

Evaluasi penerapan standar pelayanan dilakukan dalam dua kali dalam 1 tahun. Selanjutnya dilakukan tindakan perbaikan untuk menjaga dan meningkatkan kinerja pelayanan.

 

 

Lhokseumawe,     April 2020

Rektor,

 

 

                                                                                                                                          Dr. H. Hafifuddin, M. Ag