Awal Dzulhijjah, Mahasiswa Astronomi Amati Hilal

Lhokseumawe, mahasiswa-mahasiswi yang ada di kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe mengamati hilal awal bulan Dzulhijjah di bukit Pole komplek perumahan pertagas Arun Lhokseumawe, kamis 01/08/2019.

Baca Juga: Tehnik mengamati Hilal

 

Para mahasiswa-mahasiswi yang notabene berasal dari jurusan Astronomi Islam Fakultas Syariah IAIN Lhokseumawe tersebut mengamati hilal menggunakan 2 unit teleskop yang disediakan di lokasi rukyat.

Hilal awal bulan Dzulhijjah ini tidak dapat diamati dikarenakan cuaca yang mendung disertai dengan gerimis, dan awan tebal yang menyelimuti di sekitar posisi hilal yang sedang diamati. Karena ketinggian hilal sendiri sudah mencapai kriteria imkanur ru’yah yang ditetapkan oleh Kemenag RI maka dapat dipastikan bahwa sudah masuk tanggal 1 Dzulhijjah 1440 H. Untuk Idul adha sendiri pemerintah melalui Kemenag RI sudah menetapkan bahwa Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1440 Hijriah, jatuh pada Minggu (11/8/2019) yang akan datang.

 

Sebelumnya hilal sendiri berada pada ketinggian 3° 35′ 45,8″ di atas ufuk mar’iy yang menurut Kemenag RI sendiri sudah Imkanur Ru`yah hal tersebut sebagaimana yang disepakati pada Musyawarah Menteri-menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura  (MABIMS) yang mengatakan bahwa tinggi hilal minimum 2 derajat, jarak bulan dari matahari minimum 3 derajat, dan umur bulan (dihitung sejak saat ijtima’) pada saat matahari terbenam minimum adalah 8 jam.

salah satu mahasiswa yang ikut serta dalam rukyat tersebut mengatakan bahwa hilal tidak dapat terlihat dikarenakan cuaca yang sedang mendung ditambah dengan awan tebal yang menyelimuti hilal. Alhamdulillah kami dapat ikut serta dalam rukyatul hilal kali ini walaupun hilal nya tidak bisa diamati karena cuaca yang mendung di tambah dengan awan tebal. Semoga di rukyat awal bulan hijriah berikutnya hilal dapat teramati, tuturnya.

Rukyatul Hilal awal bulan Dzulhijjah yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama (Kemenag) Lhokseumawe ini diikuti oleh Kemenag Aceh Utara, MPU Aceh Utara, MPU Lhokseumawe, Himpunan Mahasiswa Jurusan Astronomi Islam (HIMASTROIS) IAIN Lhokseumawe dan Lembaga Kajian Ilmu Falak (LKIF) IAIN Lhokseumawe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *